Homepage Drs. Haryono M.Pd

Fasilitas ini diperuntukkan bagi siswa yang ingin mengikuti test online.

Username [No. Induk]:

Password:

Berita dan Informasi
Minggu, 27 November 2011

SILABUS

 

Sekolah                         :  SMP N 1 Srengat

Mata Pelajaran             :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester           :  IX / 1

 

Standar Kompetensi   :  Medengarkan

1.   Mengapresiasi cerita wayang yang diperdengarkan.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

1.1. Menemukan isi dan pesan dari cerita wayang

Nemokake isi lan pesen saka crita wayang

  • Mendengarkan penyajian sebuah cerita wayang.
  • Berdiskusi untuk menangkap isi, pesan, dan suasana dari cerita pewayangan yang didengarnya.
  • Mengemukakan isi dan pesan yang terkandung dalam cerita wayang yang didengarnya.
  • Membandingkan nilai-nilai yang ada dalam cerita wayang dengan nilai kehidupan siswa.

 

 

  • Dapat menangkap isi, pesan, dan suasana dari cerita pewayangan yang didengarkan.
  • Dapat mengemukakan isi dan pesan yang terkandung dalam cerita pewayangan.

Tes Tulis

Tes uraian

1. Tulisen apa isine crita wayang sing mentas kokrungokake!

 

2. Tulisen wejangan (piwulang becik) becik apa wae kang kinandhut jroning crita wayang sing kokrungokake!

2 X 40’

Buku teks

dan buku penunjang

1.2. Mengenal karakter tokoh-tokoh dalam cerita pewayangan.

 

 

Ngenali wewatakane paraga jroning crita wayang

  • Mendengarkan penyajian sebuah cerita wayang.
  • Menuliskan tokoh-tokoh yang ada dalam sebuah cerita wayang
  • Mengidentifikasi karakter tokoh dalam cerita wayang disertai alasan yang logis.
  • Mendiskusikan nilai positif dan negatif dari masing-masing karakter tokoh wayang.
  • Menjelaskan nilai-nilai positif dari karakter tokoh wayang untuk menjadi teladan bagi siswa.

 

 

  • Dapat mendata tokoh-tokoh yang ada dalam cerita pewayangan.
  • Dapat mengidentifikasi karakter tokoh dalam cerita pewayangan disertai dengan bukti yang meyakinkan.
  • Dapat menjelaskan nilai-nilai keteladanan dalam karakter tokoh wayang.

Tes Tulis

Tes uraian

1. Tulisen sapa wae sing dadi paraga jroning crita wayang sing kokrungokake!

 

2. Tulisen wewatakane saben-saben paraga!

 

3. Tulisen lan jelasna, paraga endi sing kokanggep nduweni watak becik lan endi sing kokanggep nduweni watak ala!

 

4. Piwulang apa wae sing bisa kanggo patuladhan ngenani paraga wayang mau?

2 X 40’

Buku teks

dan buku penunjang

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

1.3. Menunjukkan relevansi cerita wayang dengan situasi sekarang.

 

Nuduhake kecocogane crita wayang karo kahanan ing jaman saiki

  • Mendengarkan penyajian sebuah cerita wayang.
  • Mendiskusikan nilai-nilai moral yang terkandung dalam sebuah cerita wayang.
  • Memberi tanggapan relevansi nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita wayang dalam kehidupan siswa pada situasi sekarang.
  • Melalui sebuah demonstrasi mengimplementasikan nilai-nilai budi pekerti dalam cerita pewayangan pada kehidupan sehari-hari.

 

 

  • Dapat mendata nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita pewayangan.
  • Dapat memberi tanggapan tentang relevansi cerita wayang dalam kehidupan siswa pada situasi saat ini.
  • Dapat mengimplementasi-kan nilai-nilai budi pekerti dalam cerita pewayangan pada kehidupan sehari-hari.

Tes lisan

Daftar pertanyaan

1. Patuladhan-patuladhan apa wae kang kinandhut jroning crita wayang sing kokrungokake?

 

2. Kepriye isine crita wayang iku yen dijumbuhaka karo kahanan ing jaman saiki?

 

3. Coba wenehana tuladha kepriye kecocogane crita wayang iku karo kahanan ing jaman saiki!

2 X 40’

Buku teks

dan buku penunjang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Sekolah                         :  SMP N 1 Srengat

Mata Pelajaran             :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester           :  IX / 1

 

Standar Kompetensi   :  Berbicara

2.   Mengungkapkan perasaan, pikiran, informasi dan gagasan dalam berpidato dan berdiskusi.

 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

2.1.  Berpidato/ berceramah/ berkhotbah/ memberikan sambutan dalam berbagai keperluan.

 

Carane nindakake sesorah (medhar sabda)

  • Menjelaskan teknik-teknik berpidato/ceramah/khutbah yang baik agar menarik bagi para pendengar.
  • Mengamati dan mencermati pidato/khutbah/ceramah.
  • Berdiskusi untuk menyusun garis besar kerangka pidato dengan topik lingkungan sekolah.
  • Mengembangkan kerangka pidato/ceramah/khutbah.
  • Berlatih pidato/khutbah/ceramah.
  • Melaksanakan kegiatan pidato/ ceramah/khutbah berbahasa Jawa dengan suara yang jelas.
  • Dapat menjelaskan teknik-teknik berpidato/ceramah/ khutbah yang baik agar menarik bagi para pendengar.
  • Dapat menyusun garis besar kerangka pidato / ceramah / khutbah.
  • Dapat berpidato / berceramah / berkhutbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
 

Tes unjuk kerja

Uji petik kerja produk

1.Terangna kepriye carane sesorah sing apik supaya bisa narik kawigatene wong sing ngrungokake!

2.Nggawea ngengrengan sesorah ngenani lingkungan sekolahmu!

3.Leksananakna sesorah nggunakake basa Jawa ing ngarepe gurumu utawa kanca-kancamu kanthi swara, pocapan sarta swara sing jelas!

 

 

2 X 40’

Rekaman pidato atau khutbah.

Buku teks

dan buku penunjang

2.2.  Melakukan kegiatan diskusi dengan memperhatikan prinsip-prinsip diskusi.

Carane nindakake sarasehan (dhiskusi)

  • Mengamati/menonton model diskusi yang diperankan oleh nara sumber, kemudian membahas mekanisme diskusi.
  • Bertanya jawab untuk menyimpulkan mekanisme diskusi.
  • Menyimpilkan prinsip-prinsip diskusi.
  • Menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas yang membahas sesorah bab lingkungan sekolah.
  • Dapat menyimpulkan mekanisme diskusi dengan benar.
  • Dapat meyimpulkan prinsip-prinsip diskusi.
  • Dapat menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas.
 

Observasi

Lembar observasi

1. Penyimpulan mekanisme diskusi

(tepat/kurang tepat/tidak tepat)

 

2. Penyimpulan prinsip-prinsip diskusi

(tepat/kurang tepat/tidak tepat)

 

3. Penerapan prinsip-prinsip diskusi:

(saling menghargai: ada / tidak)

2 X 40’

Rekaman orang sedang berdiskusi.

Buku teks

dan buku penunjang

SILABUS

 

Sekolah                         :  SMP N 1 Srengat

Mata Pelajaran             :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester           :  IX / 1

 

Standar Kompetensi   :  Membaca

3.   Membaca ragam teks dengan cara membaca intensif dan membaca cepat.

 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

 

3.1. Menemukan informasi dari beberapa artikel majalah melalui kegiatan membaca intensif.

 

Carane nemokake panemune panulis saka wacan kang awujud artikel

 

  • Memperhatikan penjelasan guru tentang teknik membaca cepat.
  • Membaca wacana berupa artikel dari berbagai media berbahasa Jawa dengan lafal dan intonasi yang benar.
  • Mendata berbagai permasalahan penting yang ada dalam artikel tersebut untuk mengetahui isinya.
  • Menyimpulkan isi wacana (artikel), kemudian mengutip pernyataan yang terdapat di dalamnya dan memanfaatkannya untuk penulisan karya ilmiah.

 

 

  • Dapat membaca artikel dari majalah berbahasa Jawa dengan lafal dan intonasi yang benar.
  • Dapat mendata berbagai permasalahan yang didapat dari artikel yang dibaca.
  • Dapat menyimpulkan isi  maupun problema dari wacana (artikel) yang telah dibaca.

 

 

Tes tulis

 

Tes uraian

 

1.  Artikel sing ana ing bukumu wacanen kanthi setiti!

 

2.  Tulisen apa wae sing dadi panemu (gagasane) panulis jroning atikel sing ditulis ing buku!

 

3.  Nulisa artikel saparagraf wae ngenani bab sing kokngerteni sarana “ngutip” panemune panulis jroning buku sing tau kokwaca!

2 X 40’

Buku Teks dan buku penunjang

Majalah “Jaya Baya” lan “Panyebar Semangat”

 

3.2. Menemukan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat 150 kata per menit.

 

 

 

Nemokake bakune gagasan sarana maca cepet

 

  • Membaca bacaan yang terdiri atas 150 kata atau kelipatannya dengan artikulasi yang benar.

 

  • Menuliskan gagagsan utama tiap-tiap paragraf dari wacana yang dibacanya.

 

  • Dapat membaca teks wacana dengan artikulasi yang tepat.

 

  • Dapat menemukan gagasan utama dari tiap-tiap paragraf wacana yang dibaca.

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

Uji petik kerja prosedur dan produk

 

1.  Wacan ing bukumu wacanen kanthi setiti, banjur tulisen informasi apa wae sing ana jroning wacan sing mentas kokwaca!

 

2.  Tulisen bakune gagasan saben-saben paragraf!

 

2 X 40’

 

Buku Teks dan buku penunjang

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

 

 

  • Menghitung kecepatan membaca diri sendiri maupun temannya.

 

  • Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan.

 

 

  • Menentukan pokok-pokok isi sebuah wacana.
  • Merangkai pokok-pokok wacana dengan bahasanya sendiri.
  • Menyimpulkan isi bacaan dengan bahasanya sendiri.

 

  • Dapat mengukur kecepatan membaca untuk dirinya sendiri maupun temannya.
  • Dapat menjawab pertanyaan bacaan dengan peluang ketepatan 75%.
  • Dapat menyimpulkan isi teks bacaan.

 

 

 

3.  Wacanen wacan sing wis diparingake dening gurumu: Bel sepisan:

     wiwitana maca,

     Bel kapindho:

     wenehana tandha garis miring ing pungkasane tembung sing kokwaca.

4.  Wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!

5.  Tulisen apa sing dadi bakune gagasan jroning wacan sing mentas kokwaca mau!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Sekolah                         :  SMP N Srengat

Mata Pelajaran             :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester           :  IX / 1

 

Standar Kompetensi   :  Menulis

                                          4.   Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan gagasan dalam bentuk tembang.

                                                Jawa.

 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

4.1. Membuat tembang macapat sesuai dengan kaidah.

Ngarang tembang macapat.

  • Mengamati macam-macam tembang macapat yang ada, kemudian menyebutkan macam-macam tembang macapat.
  • Menjelaskan aturan kaidah dalam penulisan tembang macapat.
  • Mendata objek-objek yang akan dijadikan bahan untuk membuat tembang macapat dalam bentuk menulis pilihan kata yang tepat.
  • Mendiskusikan pilihan kata yang akan digunakan untuk menulis tembang macapat.
  • Menulis larik-larik tembang macapat menggunakan pilihan kata yang tepat dengan berpedoman pada aturan/kaidah yang ada.
  • Menyunting sendiri pilihan kata yang telah digunakan dalam menulis  tembang macapat
  • Dapat menjelaskan kaidah (aturan) penulisan tembang macapat.

 

 

 

 

  • Dapat mendata objek yang akan dijadikan bahan untuk membuat tembang macapat.

 

 

 

 

  • Dapat menulis larik-larik tembang macapat dengan menggunakan pilihan kata yang tepat.

 

  • Dapat menyunting sendiri pilihan kata yang ditulis dalam mengarang tembang macapat.

 

 

Tes Tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

Portofolio

Tes Uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uji petik kerja prosedur dan produk

 

Hasil kerja siswa

1. Sebutna lan jelasna paugeran kanggo ngarang tembang macapat!

 

 

 

 

2. Nggoleka tembung-tembung sing mentes lan pantes kang kena kanggo ngarang tembang macapat!

 

 

 

3. Nggawea tembang macapat sapada wae, adhedhasar paugeran sing ana!

 

 

4. Rembugen lan koreksinen tembang macapat asile ngarang kancamu (sarana sarasehan/dhiskusi)

2 X 40’

Buku Teks dan Buku Penunjang

 

Tuntunan Sekar Macapat.

 

 

SILABUS

 

Sekolah                         :  SMPN 1 Srengat

Mata Pelajaran             :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester           :  IX / 2

 

Standar Kompetensi   :  Medengarkan

5.   Mengapresiasi pementasan drama tradisional.

 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

5.1. Menanggapi pemetasan drama tradisional.

Maluyani (nanggapi) pagelaran ketoprak/ludruk

  • Mendengarkan/menyaksikan pementasan sebuah drama tardisional (ludruk atau ketoprak)
  • Mendiskusikan unsur-unsur yang ada dalam pementasan drama tardisional (ludruk atau ketoprak)
  • Mencermati dan memberi penilaian dari setiap unsur pementasan drama terutama karakter tiap-tiap tokoh (dengan menggunakan rubrik penilaian).
  • Menanggapi pementasan drama dengan cara memberi kritik, saran maupun pendapatnya.
  • Dapat menentukan unsur-unsur pementasan drama.
  • Dapat menanggapi tap-tiap unsur pementasan drama dengan alasan yang logis.
  • Dapat menentukan karakter tiap-tiap tokoh.
  • Dapat mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan dengan alasan yang logis.
 

Tes Tulis

Tes uraian

1. Tulisen apa wae unsur-unsure jroning pagelaran drama!

 

2. Kepriye manut panemumu cak-cakane para paraga jroning pagelaran drama sing koktonton?

 

3. Kepriye manut panjinggleng-mu ngenani pagelaran drama sing mentas koktonton? Wenehana andharan!

2 X 40’

VCD berisi ludruk atau ketoprak.

Buku teks

dan buku penunjang

5.2. Menemukan inti cerita pemetasan drama tradisional.

 

 

Nemokake isine crita pagelaran ketoprak/ludruk

  • Mendengarkan/menyaksikan pementasan sebuah drama tardisional (ludruk atau ketoprak)
  • Berdiskusi untuk menemukan hal-hal (ide-ide) yang menarik dalam sebuah pementasan drama tradisional.
  • Mendata inti cerita dari sebuah pementasan drama kemudian membuat sinopsis.
  • Menuliskan inti cerita pementasan sebuah pementasan drama tradisional.
  • Dapat menemukan hal-hal (ide-ide) yang menarik dalam sebuah pementasan drama tradisional.
  • Dapat mendata inti cerita dari sebuah pementasan drama yang disimak.
  • Dapat merangkaikan (mengemukakan) inti cerita sebuah pementasan drama.

 

Tes Tulis

Tes uraian

1. Tulisen bab-bab sing narik kawigatenmu ngenani pagelaran drama sing koktonton!

 

2. Nggawea sinopsise drama sing mentas koktonton!

 

3. Apa sing dadi bakune crita jroning pagelaran drama kasebut?

 

 

2 X 40’

VCD berisi ludruk atau ketoprak.

Buku teks

dan buku penunjang

 

SILABUS

 

Sekolah                         :  SMP N Srengat

Mata Pelajaran             :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester           :  IX / 2

 

Standar Kompetensi   :  Berbicara

6.   Mengungkapkan gagasan, perasaan, dan harapan melalui kegiatan berbicara dan berdo’a.

 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

6.1   Berbicara dengan menerapkan berbagai jenis kalimat.

 

Micara sarana ngecakake jinis-jinise ukara.

  • Menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis kalimat dalam bahasa Jawa.
  • Membuat berbagai contoh jenis kalimat berbahasa Jawa.
  • Berlatih berbicara dengan menerapkan berbagai jenis kalimat.
  • Berbicara sesuai kebutuhannya dengan menerapkan berbagai jenis kalimat.
  • Dapat menyebutkan jenis-jenis kalimat.
  • Dapat berbicara sesuai kebutuhannya dengan menerapkan berbagai jenis kalimat.

 

Tes Tulis

Tes Uraian

1.Sebutna lan jelasna jinis-jinse ukara!

2.Nggawea tuladha ukara adhedhasar isine!

3.Micaraa nggunakake basa Jawa manut tujuan kang tartamtu.

 

 

2 X 40’

Buku teks

dan buku penunjang

6.2.  Berdo’a dengan menggunakan ragam bahasa sesuai dengan harapan.

Tata carane ndonga nganggo basa Jawa.

  • Mencermati beberapa permodelan tentang do’a dari berbagai sumber/media.
  • Menjelaskan tujuan berdo’a.
  • Membuat contoh do’a sederhana untuk berbagai tujuan dengan menggunakan bahasa Jawa.
  • Berdo’a sesuai tujuannya dengan menggunakan bahasa Jawa yang baik dan menerapkan kalimat efektif.
  • Dapat berdo’a dengan menggunakan bahasa Jawa yang santun.
 

Tes Lisan

Daftar Pertanyaan

1.  Jelasna apa tujuwane wong ndonga?

2.  Nggawea tuladha donga sing prasaja wae!

3.  Coba ndongaa manut kaperluwanmu dhewe-dhewe!

2 X 40’

Buku teks

dan buku penunjang

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Sekolah                         :  SMP Negeri 1 Srengat

Mata Pelajaran             :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester           :  IX / 2

 

Standar Kompetensi   :  Membaca

7.   Memahami ragam teks non sastra dengan cara membaca ekstensif dan membaca nyaring.

 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

7.1. Membanding-kan permasa-lahan utama dari dua atau lebih berita yang bertopik sama.

Mbandhingake pawarta kang nduweni gagasan padha

  • Membaca beberapa berita yang bertopik sama dari berbagai media berbahasa Jawa
  • Bertanya jawab mengenai masa-lah utama dalam tiap-tiap berita.
  • Mendata dan menganalisis masalah-masalah atau problema dari tiap-tiap berita yang dibacanya.
  • Merumuskan atau menentukan masalah utama dari tiap-tiap berita yang dibaca.
  • Menyimpulkan kesamaan masalah-masalah atau problema dari data yang diperoleh.
  • Dapat membaca nyaring berita dari media cetak.
  • Dapat mendata masalah-masalah dari tiap-tiap berita.
  • Dapat menentukan masalah utama dari tiap-tiap berita.
  • Dapat meyimpulkan kesamaan masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita.

 

Tes tulis

Tes uraian

1.  Wacan kang awujud pawarta iki wacanen kanthi lagu lan pocapan sing trep!

2.  Tulisen masalah-masalah apa wae kang kinandhut jroning pawarta sing kokwaca (paling ora ana 3 pawarta)!

 

3.  Tulisen sing dadi bakune masalah!

 

4.  Tulisen apa bedane antarane pawarta siji lan sijine!

2 X 40’

Buku Teks dan buku penunjang

Majalah “Jaya Baya” lan “Panyebar Semangat”

7.2. Membaca teks pengumuman dengan intonasi, artikulasi, dan volume suara yang jelas.

 

 

Carane maca teks wara-wara (pengumuman)

  • Mengamati dan mencermati teks pengumuman.
  • Memberi tanda penjedaan teks pengumuman yang ada.
  • Berlatih membaca teks pengumuman.
  • Membaca teks pengumuman dengan intonasi yang tepat, artikulasi dan volume suara yang jelas sesuai dengan isi pengumuman.
  • Dapat memberi tanda penjedaan dalam teks pengumuman.
  • Dapat membacakan teks pengumuman dengan intonasi yang tepat, artikulasi dan volume suara yang jelas, serta ekspresi yang sesuai dengan konteks (isi pengumuman).
  • Dapat menganggapi cara pembacaan pengumuman.
  • Dapat menanggapi isi pengumuman.
 

Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur dan produk

Nggoleka teks wara-wara (utawa nggawea dhewe): wenehana tandha andhegan kanggo nggampangake anggonmu maca, banjur wacanen kanthi lagu lan pocapan sing trep!

2 X 40’

Buku Teks dan buku penunjang

Majalah “Jaya Baya” lan “Panyebar Semangat”

SILABUS

 

Sekolah                         :  SMP Negeri 1 Srengat

Mata Pelajaran             :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester           :  IX / 2

 

Standar Kompetensi   :  Menulis

                                          8.   Mengungkapkan pikiran, perasaan, gagasan, dan informasi serta pengalaman dalam bentuk prosa dan puisi.

 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

8.1. Menulis laporan kegiatan.

Carane nulis palapuran

  • Mengumpulkan berbagai data tentang kegiatan di sekolah, kemudian memilih salah satu kegiatan tersebut untuk dijadikan objek dalam penulisan laporan.

 

 

  • Membuat kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu dan tema suatu kegiatan sebagai acuan merumuskan langkah-langkah penulisan laporan.

 

 

  • Mengembangkan kerangka laporan yang telah ditentukan berdasarkan langkah-langkah penulisan laporan yang benar.
  • Mendiskusikan hasil laporan yang telah ditulis dan melakukan pembetulan seperlunya.

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Dapat menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan, ruang, waktu, atau tema.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Dapat mengembangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif.
  • Dapat menulis secara sistematis laporan suatu kegiatan dengan bahasa yang komunikatif.

Tes Tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

Tes Uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uji petik kerja prosedur dan produk

 

 

1. Tulisen kegiatan-kegiatan sing wis tau dileksanakake ing sekolahanmu!

2. Tulisen langkah-langkahe kanggo nulis palapuran bab kegiyatan!

 

 

 

 

 

 

 

 

Nggawea palaporan ngenani salah sijine kegiyatan sing tau dileksanakake ing sekolahanmu!

 

Koreksinen palaporan asil tulisane kancamu kanthi cara sarasehan (dhiskusi)!

X 40’

Buku Teks dan Buku Penunjang

 

Beberapa bukti fisik tentang berbagai kegiatan di sekolah.

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

 

8.2. Menulis geguritan tentang pengalaman yang mengesankan.

 

Carane nulis geguritan

 

  • Mengidentifikasi beberapa pengalaman menarik yang telah dialami.
  • Memilih salah satu pengalaman yang mengesankan sebagai bahan untuk menulis sebuah geguritan.

 

  • Menentukan dan menulis pilihan kata yang tepat, indah, dan bermakna untuk dijadikan bahan dalam menulis geguritan.
  • Menulis larik-larik geguritan berdasarkan pilihan kata yang tepat.

 

  • Menyunting geguritan yang telah ditulisnya sendiri maupun yang ditulis temannya.

 

  • Dapat menulis larik-larik geguritan tentang pengalaman yang mengesankan.

 

 

 

 

  • Dapat menulis geguritan dengan pilihan kata yang tepat, indah, dan bermakna.

 

 

 

 

 

  • Dapat menyunting geguritan yang telah ditulis sendiri.

 

 

 

 

Tes Lisan

 

 

 

Portofolio

 

 

 

Pertanyaan

 

 

 

 

Hasil karya siswa

Tulisen pengalamanmu sing paling nabet ing ati, banjur nggawea geguritan adhedhasar pengalamanmu sing wis kokpilih sarana nggunakake tembung-tembung sing mentes, pantes, lan mantesi, sarta lelewane basa!

 

 

 

Tilitinen maneh geguritan sing wis kokgawe ngenani pilihane tembung, penganggone basa, lan isine supaya geguritanmu katon luwih endah lan nges!

 

2 X 40’

Buku Teks dan Buku Penunjang

 

Antologi Geguritan.

 

Majalah Panyebar Semangan dan Jaya Baya.

 

 

 

Bookmark and Share